Kumpulan Soal Terkait Karakteristik Anak Usia Dini

Berikut ini adalah Kumpulan Soal terkait Karakteristik Anak Usia Dini. Soal-soal berikut barangkali penting bagi anda yang sedang menghadapi ujian kompetensi guru- UKG PAUD atau sebagai bahan referensi ujian mahasiswa pendidikan anak usia dini. soal-soal ini diambil dari anila-46.mywapblog.com. 
 

Karakteristik Anak Usia Dini

Coba sebutkan suatu urutan perubahan yang bersifat saling mempengaruhi antara aspek fisik dan psikis ?

Jawab : Antara pisik dan psikis merupakan suatu ketentuan yang harmonis. Dan apabila otot-ototnya sudah bertambah. Maka kita perlu memberi latihan yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak tersebut, karena dengan belajar akan berkembang dan akan mampu mempelajari hal-hal yang baru karena perkembangan tercapai karena ada proses belajar.


2. Karena anak usia dini senang sekali bermain. Apa-apa saja keterampilan pisikis yang diperlukan dalam permainan anak usia dini tersebut ?

Jawab : Yaitu, keterampilan

Terampil menangkap bola, melempar, menendang, berenang, dan mengendarai sepeda.



3. Apa-apa saja bentuk pengembangan sikap yang menyeluruh pada anak usia dini sebagai individu yang sedang berkembang ?

Jawab : Yaitu, sebagai individu anak usia dini itu perlu pengembangan sikap yang menyeluruh. Seperti : anak perlu mengenal dan dapat memelihara kepentingan, kesejahteraan diri, dapat memelihara kesehatan, keselamatan dan menyayangi diri sendiri dan orang lain.



4. Apa perlunya belajar berkawan dengan teman sebaya bagi AUD ?

Jawab : Agar terbentuknya kepribadian yang sosial pada AUD. Karena pada usia ini anak belum mampu bergaul dan bekerja sendiri dan kita sebagai pendidik dan orangtua, terus membina anak. Untuk membina hubungan baik dengan teman sebaya, saling tolong menolong, dengan berbagai bentuk pembelajaran di TK.



5. Apa saja upaya kita untuk pengembangan konsep pada AUD agar anak berperilaku dan dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari ?

Jawab : Kita perlu memberi arahan dan pembiasaan pada anak dengan perbuatan – perbuatan yang sesuai dengan nilai norma yang ada dilingkungan masyarakat dan memberi kesempatan pada anak. Bergaul lebih banyak dilingkungannya sehari-hari, seperti : waktu berbicara tidak berteriak dan bertutur kata yang lemah lembut. Sewaktu ada sekelompok orang duduk bersama, kita tidak boleh lewat ditengah-tengah orang tersebut, tetapi dengan permisi lewat belakang. Sewaktu masuk rumah / ruangan mengucapkan salam dan bertegur sapa dengan senyum.



6. Sebutkan pengembangan nilai hati nurani yang harus dicapai oleh anak usia dini ?

Jawab : Pada masa ini anak telah mampu menghargai perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan moral dan dapat melakukan control terhadap prilaku sesuai dengan nilai agama dan moral contoh : membuang sampah pada tempatnya, bila mendapat sesuatu anak mengucapkan terimakasih dan dapat berempati dengan orang disektarnya.



7. Sebutkan pengembangan yang memiliki kemerdekaan pribadi pada AUD !

Jawab : Pada usia ini anak dapat merencanakan dan melakukan pekerjaan / kegiatan tanpa tergantung pada orang lain, orangtua, orang dewasa, seperti : memasang pakaian sendiri ( baju, kaos kai, sepatu, celana, dll. ) makan sendiri dan mengemasi peralatan makan nya sendiri, dan ke toilet sendiri.



8. Bagaimana perkembangan fisik anak itu dikatakan beranjak matang ?

Jawab : Perkembangan fisik anak sudah dapat terkoordinasi dengan baik, setiap gerakannya sudah selaras dengan kebutuhan dan minat.



9. Apa saja factor penentu kelancaran proses belajar anak ?

Jawab : Yaitu, perkembangan fisik yang normal karena perkembangan fisik / motorik , sangat menunjang keberhasilan belajar anak.



10. Apa saja yang mempengaruhi antara aspek fisik dan psikis perkembangan AUD ?

Jawab : Yang mempengaruhi aspek fisik dan psikis dalam perkembangan AUD yaitu, antara pisik dan psikis anak sudah merupakan ketentuan harmonis.



11. Bentuk kegiatan apa yang kita berikan pada anak agar anak memiliki kemerdekaan pribadi ?

Jawab : Memberi kebebesan pada anak dengan melalui kegiatan – kegiatan yang bias dilakukan sendiri jangan sering memanjakan dan selalu dibantu. Beri motivasi dan arahan , supaya anak percaya diri dan mintalah pendapat anak untuk suatu kegiatan yang melibatkan dirinya. Contoh : bila akan melakukan permainan / kegiatan , Tanya anak dimana ia mau atau memerankan tokoh apa, suruh anak memilih sesuai keinginannya.



12. Perkembangan apa yang sangat menentukan keberhasilan belajar anak ?

Jawab : Perkembangan fisik, terutama penentu bagi keberhasilan anak karena kelancaran proses belajar baik dalam bidang pengetahuan maupun, keterampilan , semua ditunjang oleh fisik yang sehat. Apabila fisik seseorang kurang sehat dalam proses kegiatan apapun akan mengganggu dan hasil yang dicapai tidak maksimal.



13. Usaha apa yang perlu kita lakukan saat anak mulai meniru perkataan orang dewasa ?

Jawab : Pada saat usia mencapai 3 tahun anak sudah mengetahui perbedaan saya, kami, dan kita. Saat ini anak mulai kritis dengan bahasa kita perlu menenanamkan konsep dengan bahasa yang santun dan mendidik, jadi tidak semua bahasa orang dewasa ditiru dan lafaskan anak, karena anak yang mulai meniru bahasa sama dengan BEO apa saja yang diucapkannya, hati-hati jangan salah ngomong dengan anak tersebut.



14. Bagaimana kiat-kiat kita untuk meredakan emosi anak yang sedang bergejolak marah, tangis, meronta-ronta yang sangat tinggi ?

Jawab : Agar anak jangan larut dalam kesedihannya, berusahalah memeluknya dengan dekapan yang penuh rasa kasih sayang dan cari penyebab anak marah / sedih. Arahkan dan alih kan perhatian anak, sampai anak menerima kenyataan, dan paham, do’akan anak semoga Allah memberi kesabaran, ketenangan dalm jiwanya, Amin…………….



15. Tuliskanlah karakter anak usia dini ?

Jawab : 1. Anak AUD itu aktif

2. Anak AUD itu dinamis

3. Anak AUD itu antusias

4. Anak AUD itu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan apa yang dilihatnya.



16. Tuliskanlah beberapa keterampilan intelektual dasar pada anak !

Jawab : Anak belajar menguasai keterampilan, membaca, menulis, dan berhitung.



17. Faktor apa saja yang mempengaruhi anak untuk bersosialisasi ?

Jawab : 1. Adanya kesempatan anak bergaul dengan orang-orang disekitar dari berbagai usi.

2. Ada motivasi dan minat untuk bergaul.

3. Adanya komunikasi yang baik dari diri anak itu sendiri

4. Adanya model / suri tauladan dan bimbingan pengajaran dari orang lain.



18. Jelaskan 3 proses agar anak mampu bersosialisasi dengan baik ?

Jawab : 1. Anak belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial.

2. Memainkan peranan sosial yang dapat diterima.

3. Perkembangan sikap sosial



19. Apa yang dimaksud dengan emosi yang bersifat sementara ?

Dengan waktu yang relatif singkat emosi anak bias berubah seketika dan begitu marah, jengkel, dapat cepat tersenyum. Apabila perhatian beralih pada objek lain.



20. Berapa kelompok umur bentuk anak usia dini di Indonesia ?

Jawab : - Umur 0 – 12 bulan ( Masa bayi ) TPA

- Umur 1 – 2 tahun ( kanak-kanak )

- Umur 2 – 4 tahun kelompok bermain / todler

- Umur 6 tahun masa pra sekolah ( TK )

- Umur 6 – 7 tahun usia kelas rendah ( 1 – 3 SD)

Untuk soal UKG PAUD, TK dan Guru Kelas SD silakan ikuti tautan biru tersebut.,

Demikian posting malam ini terkait Kumpulan Soal Karakteristik Anak Usia Dini. salam
Facebook CommentsShowHide